Holianto

hp

Sobat Give Thanks,

Bagi sobatku yang sering chatting di HP ini ada informasi aplikasi yang support. Aplikasi chatting di handphone saat ini sudah merupakan aplikasi yang wajib terinstal. Tentunya fungsinya untuk melakukan chatting dengan teman-teman dimana saja dan kapan saja. Kalau di komputer kita biasa menggunakan Yahoo! Messenger atau Pidgin untuk melakukan chatting ketika sedang online. Aplikasi chatting untuk handphone jumlahnya sudah sangat banyak saat ini, diantaranya adalah YMTiny, Yamee, Nimbuzz, eBuddy, shMessenger, MIG33, Morange, IM+, Live Messenger, Skype dan aplikasi chatting lainnya. Aplikasi-aplikasi chatting tersebut dapat di instal di hampir semua jenis handphone dengan sistem operasi Java, Symbian, Windows Mobile, iphone dan Blackberry.

Tiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun tetap memiliki fungsi utama untuk melakukan chatting dimana saja dan kapan saja dengan handphone Anda.Kali ini saya akan sedikit mereview beberapa aplikasi chatting diatas dilihat dari kelebihan dan kekurangannya. Aplikasi yang akan saya coba praktekan dan melakukan review adalah YMTiny, Yamee 1.3, Nimbuzz, eBuddy 1.4, dan shMessenger. Poin-poin yang akan menjadi penilaian adalah Kecepatan Akses, ResponChat, Smilies, Status Message, Interface, Chat Account, Pemakaian Pulsa, Transfer File dan kelengkapan Fitur.

1. Kecepatan Akses

Dari kelima aplikasi chatting diatas, YMTiny memiliki waktu akses tercepat untuk dapat login ke account Yahoo Anda, dengan waktu sekitar 6 detik untuk dapat login, dan yang memiliki waktu terlama adalah Nimbuzz dengan waktu akses login sekitar 20-30 detik bahkan lebih. Yamee memiliki waktu akses login sekitar 12 detik, eBuddy sekitar 16 detik, dan shMessenger sekitar 20 detik.

(waktu akses tergantung dari koneksi provider yang digunakan)

2. Respon Chat

Untuk respon chat, YMTiny dan Yamee memiliki real time respon chat, dimana ketika melakukan chatting pesan yang dikirimkan dan diterima saat itu juga akan sampai. Untuk eBuddy, Nimbuzz dan shMessenger kadang terjadi jeda waktu hingga pesan yang dikirim atau diterima sampai ditujuan.

3. Smilies

Smilies atau smiley merupakan icon kecil yang menggambarkan emosi seseorang ketika melakukan chatting. Fitur ini merupakan pelengkap untuk melakukan chatting. Untuk smilies eBuddy memiliki koleksi smilies yang paling lengkap (dengan mendownload lagi smilies tambahan ketika menjalankan aplikasi ini), shMessenger dan Yamee memiliki smilies yang sama dengan Yahoo! Messenger versi PC, Nimbuzz memiliki smilies standar, sedangkan YMTiny tidak terdapat fitur smilies.

4. Status Message

Untuk fitur status pribadi, semua aplikasi memiliki pengaturan untuk melakukan perubahan terhadap status pribadi Anda, seperti Available, Invisible, Bussy, Away, I’am Mobile, dan custom message. Begitupun dengan status teman chatting kita, semua aplikasi diatas dapat menampilkan status message teman chatting,, kecuali untuk Nimbuzz dan shMessenger, kita harus melakukan chatting dulu dengan teman untuk mengetahui statusnya.

5. Interface

Untuk urusan antar muka (interface), saya kira untuk shMessenger, Nimbuzz, eBuddy, dan Yamee memiliki interface yang sudah cukup baik dan enak dipandang, sedangkan YMTiny interfacenya terbilang cukup standar (pas-pasan). Default interface untuk Nimbuzz adalah dominan orange, eBuddy dan shMessenger dominan biru, Yamee domnan hitam, dan YMTiny dominan abu-abu. eBuddy, Yamee dan shMessenger menyediakan pemilihan theme untuk interface yang digunakan, dan perubahan theme ini hanya untuk merubah warna yang disuka. Sedangkan Nimbuzz dan YMTiny tidak menyediakan pilihan theme yang dapat dirubah.

6. Chat Account

Chat account merupakan fasilitas yang dapat dipakai untuk melakukan login terhadap chat account yang kita miliki. Pada umumnya untuk orang Indonesia memiliki chat account dari Yahoo. Semua aplikasi dapat digunakan untuk chat account Yahoo Anda. YMTiny dan Yamee adalah aplikasi yang dikhususkan untuk chat account Yahoo Messenger, jadi tidak dapat ditambahkan chat account lainnya. Untuk shMessenger hanya dapat digunakan untuk chat account dari Yahoo, GTalk, dan MSN Messenger. Sedangkan shMessenger dan Nimbuzz dapat digunakan untuk banyak chat account seperti Yahoo, GTalk, MSN, Facebook, ICQ, AOL, dan chat account lainnya.

7. Pemakaian Pulsa

Untuk urusan pulsa, YMTiny merupakan aplikasi paling irit dalam urusan penyedotan pulsa, karena YMTiny merupakan aplikasi khusus Yahoo Messenger dengan tampilan yang sederhana tanpa adanya smilies. Sedangkan yang paling banyak menyedot pulsa adalah Nimbuzz dan eBuddy, karena kedua aplikasi ini dapat digunakan untuk login lebih dari satu chat account secara bersamaan dan juga smilies yang digunakan.

8. Transfer File

Untuk fitur yang satu ini, shMessenger patut diacungi jempol, karena aplikasi ini dapat mengirimkan file-file gambar dan file lainnya kepada teman chat kita. Nimbuzz dan eBuddy dapat mengirimkan file gambar, Sedangkan yang lainnya tidak mendukung fitur untuk melakukan transfer file.

9. Kelengkapan Fitur

Untuk kelengkapan fitur-fitur lainnya, seperti voice call by internet voip, chat room, invitation, add friends conversation, dan lainnya hanya terdapat di aplikasi yang mendukung banyak chat account seperti Nimbuzz dan eBuddy. Untuk shMessenger dan Yamee hanya mendukung chat room dan add friends, sedangkan YMTiny tidak mendukung itu semua.

Dari hasil review kelima aplikasi chatting untuk handphone diatas, penilaian akhir kembali pada Anda, Anda mau memakai aplikasi yang mana sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

(sumber : Blogpintar)

Label: edit post
0 Responses